Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Metode Talking Stick
Keywords:
pemahaman, metode talking stick.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran PPKn dalam materi Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia pada peserta didik kelas VII. Metode yang digunkan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode Talking Stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman pada pelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes PPkn pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I = 66,3, siklus II =71,56 dan siklus III = 80,7 serta pengamatan selama penelitian terdapat peningkatan rata-rata pemahaman peserta didik dalam aktivitas pembelajaran pada setiap siklusnya, siklus I = 64%, II = 83%, dan III = 90%, serta dari hasi observasi siklus I, II, dan III sudah memperlihatkan peningkatan dalam hal menjawab pertanyaan, peserta didik cenderung menjawab dengan mendefinisikan dengan sedikit uraian dan mendefinisikan dengan memberikan penjelasan logis, dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar PPKn dengan menggunakan metode talking stick adalah pembelajaran yang menyenangkan peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar PPKn dengan menggunakan metode talking stick dapat meningkatkan pemahaman PPKn peserta didik terutama pada materi tentang Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas VII SMP Negeri 25 Tangerang semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.