Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Kerjasama melalui Model Discovery Learning
Keywords:
motivasi belajar, kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PPKn pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan melalui model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode peneltian ini Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Waktu penelitian ini adalah 3 bulan yaitu dari bulan Maret 2019 sampai bulan Mei 2019 dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar PPKn yang signifikan pada siswa kelas VII. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I= 60,4%, siklus II= 71,3% dan siklus III= 83,5% dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar PPKn melalui model pembelajaran Discovery Learning adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Huda, Kota Bekasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.