Hubungan Antara Efikasi Diri Siswa dan Keahlian Menulis dalam Eksposisi Analitis
Keywords:
eksposisi analitis, kemampuan diri, keahlian menulis.Abstract
Menulis adalah salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Namun, tata bahasa dan kosa kata menjadi masalah yang didapat di sekolah itu. Itu sebabnya, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui data empiris dari tes dua variabel tentang korelasi positif antara self-efficacy siswa dan keterampilan menulis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Setia Karya, dengan jumlah siswa 69 siswa. Peneliti mengambil 18 siswa, kelas XI sebagai sampel penelitian. Teknik yang digunakan adalah random sampling, yaitu menggunakan angket penelitian dan tes tulis. Data memiliki hasil get 9 valid dan 11 tidak valid. Peneliti mendapatkan hasil rxy = -0,039 dan Ho diterima kemudian Peneliti mendapatkan koefisien determinasi 0,15%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara efikasi diri siswa dan keterampilan menulis mereka dalam eksposisi analitis tapi memiliki hubungan yang rendah. Selain itu, diharapkan guru dapat mendukung siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka dengan memvariasikan metode pengajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.