Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa menggunakan Media Board Game

Authors

  • Mentari Stefani STKIP Kusuma Negara
  • Yuesi Setyorini STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati S STKIP Kusuma Negara

Keywords:

board game, keterampilan berbicara.

Abstract

Pengajaran keterampilan produktif dalam bahasa Inggris memang memiliki beberapa masalah untuk dibahas. Keterampilan produktif berbicara dan menulis. Masalah yang muncul dalam mengajarkan keterampilan produktif dalam bahasa Inggris adalah sebagian besar siswa tidak dapat meningkatkan produksi bahasa mereka, terutama dalam kemampuan berbicara. Dengan menggunakan permainan komunikatif dalam pembelajaran berbicara yang mendorong siswa untuk berbicara sebanyak mungkin. Peneliti menyimpulkan bahwa proses pengajaran dan pembelajaran berbicara harus lebih komunikatif dan interaktif untuk membuat siswa berani mengeksplorasi ide-ide mereka melalui berbicara. Untuk mendapatkan kompetensi komunikatif, peneliti menggunakan media board game yang dikombinasikan dengan tehnik PPP. Dengan penelitian kuantitatif, tes berbicara diberikan sebagai instrumen penelitian ini, yang dibagi menjadi pretest dan post-test. Subjek penelitian adalah 24 siswa di kelas delapan SMP Islam Al-Farisi pada semester kedua tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dalam bahasa target dan akurasi mereka dalam berbicara setelah penerapan permainan papan. Peneliti menyarankan bahwa berbicara menggunakan permainan papan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles