Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Pendekatan Flipped Learning menggunakan Whatsapp
Keywords:
flipped learning, whatsapp, dan kemampuan berbicara.Abstract
Di dalam proses pembelajaran, pemilihan pendekatan, metode, theknik, dan media yang digunakan sangat mempengaruhi keberhasilan belajar. Flipped learning atau sistem pembelajaran yang dibalik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menggantikan sistem pembelajaran tradisional. Pendekatan ini menjadi salah satu cara yang digunakan banyak institusi pada akhir-akhir ini juga, banyak diperhatikan oleh para tenaga pendidik bahkan peneliti. Pendekatan ini dinilai dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam Bahasa Inggris terutama dalam kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa inggris setelah mengaplikasikkan sistem pembelajaran terbalik dengan berbantuan media whatsapp sebagai media yang akhir-akhir ini memiliki banyak pengguna untuk membantu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan 27 partisipan dari kelas X1 SMA di Jakarta, Indonesia. Pengmpulan data penelitia dilakukan dengan wawancara, observasi, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil test sebesar 18%, yang dimana pada siklus pertama 74% dan siklus kedua 92%, hasil observasi menunjukkan peningkatan perilaku positif siswa baik pada saat tatap muka ataupun melalui media, hasil wawancara juga menunjukkan respon positif dari partisipan. Saran yang membangun terkait dengan penelitian disediakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.