Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Diskusi
Keywords:
kemampuan berbicara, teknik diskusi.Abstract
Keterampilan berbicara bahasa Inggris merupakan tantangan bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui teknik diskusi. Pendekatan kualitatif digunakan melalui metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris yang digambarkan melalui kenaikan rata-rata nilai keterampilan berbicara, pada siklus pertama rata-rata nilai sebesar 63, pada siklus kedua sebesar 71,67 dan pada siklus ketiga sebesar 80,94. Temuan penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan bagi pengembangan proses pembelajaran keterampilan berbicara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.