Menggunakan Whatsapp untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Keywords:
presentasi, praktik, media pembelajaran, whatsapp, keterampilan menulis.Abstract
Menulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu dasar utama komunikasi. Namun, sebagian orang masih bingung dalam menulis apa yang ingin mereka sampaikan karena mereka kurang kosa kata, pengorganisasian dan tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa menggunakan WhatsApp pada 23 siswa di kelas sepuluh SMA di Bogor. Penelitian ini menggunakan teknik Presentasi, Praktek dan Produksi. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, pedoman wawancara, dan tes menulis. Dari pedoman observasi dan wawancara, studi menunjukkan, mereka lebih tertarik, tetap fokus dan lebih banyak kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan mereka menggunakan media sosial. Dari tes menulis pada Siklus 1 pada hasil skor rata-rata siswa adalah 70,95 dan prosentase adalah 51% siswa dapat mencapai skor minimum standar. Siklus 2, skor rata-rata adalah 76,82 dan persentase adalah 83% siswa dapat mencapai skor minimum standar. Pada siklus 3, skor rata-rata siswa adalah 79,21 dan persentase adalah 100% siswa dapat mencapai skor minimum standar. Dapat disimpulkan bahwa media WhatsApp cocok untuk memfasilitasi siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.