Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa melalui Small Group Discussion
Keywords:
penelitian tindakan kelas, pemahaman membaca, diskusi kelompok kecil.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui diskusi kelompok kecil di kelas tujuh Pangudi Rahayu pada tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan. Peneliti pergi ke SMP Pangudi Rahayu Jakarta untuk mengambil tanggal dan pengamat untuk membuat tanggal tentang mengajar Pemahaman Membaca Melalui Diskusi Kelompok Kecil nanti, yang akan digunakan untuk meneliti efektivitas dari Pemahaman Membaca Bahasa Inggris di kelas. Pertama, peneliti membagi siswa untuk mendiskusikan pemahaman membaca dengan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam tes membaca setiap siklus. Pada siklus I skornya adalah 72, 22 pada siklus II, sudah mendapat 88, 89 pada siklus III skornya adalah 91, 67 dari lembar observasi dan siswa, wawancara menunjukkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Prestasi siswa dalam memahami pemahaman membaca menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Meskipun para guru sudah berpengalaman dalam mengajar belajar, tetapi harus lebih baik memiliki panduan, aturan beberapa langkah dalam mengajar belajar terutama mengajar membaca. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa Diskusi Kelompok Kecil sangat berguna untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.