Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Teknik Know, Want To Know Learn

Authors

  • Nila Apriliyani STKIP Kusuma Negara
  • Siti Yulidhar Harunasari STKIP Kusuma Negara
  • Herlina H STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan membaca, know-want to know-learn (KWL), peningkatan.

Abstract

Dengan memiliki pemahaman bacaan yang baik, orang dapat memahami isi teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa untuk siswa kelas tujuh MTS Miftahul Khaer Tangerang melalui teknik Know, Want to know and Learn (KWL). Responden terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas. Dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan mewawancarai siswa dan guru bahasa Inggris, mengamati, dan menguji pemahaman membaca siswa dalam setiap siklus. Peningkatan signifikan ditunjukkan dari hasil tes sebagai berikut: siklus 1 (40%), siklus 2 (72%), dan siklus 3 (100%). Penerapan teknik ini juga memotivasi minat siswa dalam memahami bacaan membaca. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik KWL dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam mengidentifikasi referensi teks, sinonim, antonim, dan struktur umum teks.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles