Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Computer Assisted Language Learning

Authors

  • Syifa Fauziah STKIP Kusuma Negara
  • Herlina H STKIP Kusuma Negara
  • Nurhasanah N STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan berbahasa, pembelajaran berbantuan komputer/CALL.

Abstract

Keterampilan berbicara melibatkan kemampuan komunikatif untuk menggunakan bahasa untuk mengobrol dan mengirimkan pesan dalam situasi yang berbeda dan tepat. Artinya, berbicara adalah keterampilan penting yang patut mendapat perhatian lebih baik dalam bahasa pertama dan kedua karena mencerminkan pikiran dan kepribadian orang. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Menggunakan CALL. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini telah dilakukan di MA Daruttakwien Bekasi pada siswa kelas sepuluh pada semester pertama tahun akademik 2019-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa. Ini menunjukkan bahwa skor dan rata-rata pada siklus kedua dan ketiga lebih baik daripada siklus pertama. Persentase siswa yang mendapat poin>75 juga tumbuh. Pada post-test siklus 1 siswa yang mendapat poin>75 ke atas adalah 11 dari 35 siswa (31,42%). Post-test siklus 2, siswa yang mendapat poin>75 adalah 18 dari 35 siswa (51,42%). Post-test siklus 3, siswa yang mendapat poin>75 adalah 34 dari 35 siswa (97,14%). Dengan kata lain, kemampuan siswa dalam berbicara meningkat dan menjadi baik di pertemuan pertama hingga pertemuan berikutnya. Dapat disimpulkan bahwa belajar berbicara bahasa Inggris menggunakan CALL sebagai media mampu meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles