Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa menggunakan Media Dinding Kata
Keywords:
dinding kata, kosakata, meningkatkan.Abstract
Kosakata adalah salah satu aspek penting yang harus dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa menggunakan media kata dinding di kelas tujuh di semester genap, tahun akademik 2018/2019 di SMPN 2 Sindang Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan tes membaca. 30 performa kosakata siswa meningkat setelah menerapkan media kata dinding di ruang kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru telah sesuai dengan silabus dan kurikulum yang digunakan di sekolah. Ada peningkatan yang signifikan dalam setiap siklus. Pada siklus pertama, siswa yang lulus KKM adalah 43,3%. Pada siklus kedua siswa yang lulus KKM adalah 56,7%. Pada siklus ketiga siswa yang lulus KKM adalah 100%. Dinding Kata akan membuat pelajaran bahasa Inggris lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kosakata menggunakan media dinding kata mampu meningkatkan penguasaan kosakata mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.