Penerapan Teknik Sticky-Note Rainbow Web terhadap Pemahaman Bacaan
Keywords:
media, pemahaman bacaan, sticky-note rainbow web.Abstract
Kemampuan untuk memahami bacaan bahasa Inggris secara baik dan benar merupakan sebuah tantangan bagi para siswa dalam membentuk sebuah pengetahuan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan siswa terhadap penerapan teknik Sticky-note Rainbow Web dalam pemahaman bacaan. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif melalu teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa termotivasi untuk membaca teks berbahasa Inggris melalu pengunaan teknik Sticky-note Rainbow Web. Mereka lebih percaya diri dalam menyampaikan hasil bacaan karena suasana proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Temuan penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi para guru dalam meningkatkan proses pembelajaran membaca. Pada siklus pertama 41% siswa telah mencapai KKM, siklus kedua 55%, dan siklus ketiga 100%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.