Penerapan Teknik Sticky-Note Rainbow Web terhadap Pemahaman Bacaan

Authors

  • Lesti Supraningsih STKIP Kusuma Negara
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara
  • Retno Dwigustini STKIP Kusuma Negara

Keywords:

media, pemahaman bacaan, sticky-note rainbow web.

Abstract

Kemampuan untuk memahami bacaan bahasa Inggris secara baik dan benar merupakan sebuah tantangan bagi para siswa dalam membentuk sebuah pengetahuan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan siswa terhadap penerapan teknik Sticky-note Rainbow Web dalam pemahaman bacaan. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif melalu teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa termotivasi untuk membaca teks berbahasa Inggris melalu pengunaan teknik Sticky-note Rainbow Web. Mereka  lebih percaya diri dalam menyampaikan hasil bacaan karena suasana proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Temuan penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi para guru dalam meningkatkan proses pembelajaran membaca. Pada siklus pertama 41% siswa telah mencapai KKM, siklus kedua 55%, dan siklus ketiga 100%.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles