Hubungan antara Harga Diri dan Kemampuan Berbicara Siswa

Authors

  • Rosita Larasari Sembiring STKIP Kusuma Negara
  • Siti Yulidhar Harunasari STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati S STKIP Kusuma Negara

Keywords:

berbicara, harga diri, hubungan.

Abstract

Kemampuan berbicara bahasa inggris sangat penting karena bisa memudahkan untuk mendapat informasi dan ilmu pengetahuan. Akan tetapi masalah rendahnya harga diri yang dimiliki oleh siswa akan menyebabkan kurangnya kemampuan mereka dalam berbicara bahasa inggris. Untuk mengatasi masalah tersebut maka sebaiknya siswa harus memiliki harga diri yang tinggi sehingga dapat berbicara bahasa inggris dengan sangat baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada hubungan antara harga diri siswa dengan keterampilan berbicara bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dan uji berbicara. Peserta dalam penelitian ini diambil dari satu kelas yang berjumlah 25 orang di salah satu SMA Swasta di Jakarta Timur. Hasil penghitungan uji hipotesa data dengan jumlah 0,473 lebih tinggi dari distribusi r tabel dengan jumlah 0,396 dan hasil uji t berjumlah 2,575 menunjukkan lebih tinggi dari nilai r tabel 1,7139, dengan hasil regresi untuk hubungan harga diri dengan keterampilan berbicara bahasa inggris menunjukkan Y = 31,638+2,012X. Hubungan koefisien menunjukkan hasilnya adalah 22,37% yang artinya harga diri siswa memberikan kontribusi 22,37% terhadap keterampilan berbicara siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara harga diri siswa dengan kemampuan berbicara siswa.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles