Penerapan Metode Kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sumpah Pemuda
Keywords:
kooperatif, pemahaman, sumpah pemuda.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Nilai dan Semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika di kelas VIII-1 Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 SMP Era Pembangunan Umat Ciracas, Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian sebanyak 26 siswa. Data dikumpulkan melalui test, wawancara dan observasi. Hasil pretes memperoleh rata-rata nilai 61,4 dengan ketuntasan 30,76%, pada siklus I, rata-rata 67,5 ketuntasan 46,15%. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata tes, 71,5 dengan persentase 65,38%. Dilanjutkan siklus III, rata-rata 75,6 dengan persentase ketuntasan sebesar 95,15%. Kemudian, hasil observasi keterampilan pada siklus I menujukkan bahwa sebanyak 12 dari 26 siswa kategori cukup atau sebesar 46% dan 54% atau sebanyak 14 siswa masih dalam kategori kurang . Pada siklus II, seluruh siswa masuk kategori cukup namun rata-rata keberhasilan baru 54,4%. Selanjutnya, pada siklus III, sebanyak 6 siswa atau 23% memperoleh kategori baik sekali dan 18 siswa atau 69% dengan kategori baik, sehingga persentase keberhasilan 78,78%. Dilihat dari penilaian sikap menunjukkan hasil siklus I, persentase keberhasilan siswa dalam menerapkan sikap-sikap yang dinilaiĀ sebesar 35% atau sebanyak 9 dari 26 siswa dalam kategori sering. Pada siklus II, 11 dari 26 siswa dalam kategori sering atau tingkat keberhasilan mencapai 43%. Kemudian pada siklus III, dengan persentase 54% atau sebanyak 14 siswa dalam kategori sering dan 35% atau 9 siswa dengan kategori sangat sering. Sehingga pada siklus III tingkat keberhsilan 89%. Dengan demikian, metode kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.