Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini

Authors

  • Betty Nila Purnamasari STKIP Kusuma Negara
  • Nirwana N STKIP Kusuma Negara
  • Sri Awan Asri STKIP Kusuma Negara

Keywords:

anak usia dini, pembelajaran literasi, stimulus keaksaraan awal.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Literasi Awal Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Nurul Qolbu Warabal Parung, Bogor. Metode penelitian ini dengan metode penelitian kualitatif etnografi melalui proses data redutcion, data display dan conclusion drawing. Data yang bersumber dari pengamatan, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini berfokus pada strategi penerapan pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran literasi awal. Dari fokus penelitian tersebut kemudian dilihat kesesuaian dengan cakupan dari kemampuan literasi awal. Hasil peneltian menunjukkan bahwa terjadi penerapan pembelajaran literasi dalam menstimulasi keaksaraan awal anak usia dini. Hal ini telah dijalankan oleh PAUD Nurul Qolbu sesuai dengan kecakupan literasi yaitu pengenalan huruf, bunyi dari huruf dan kata, menstimulasi anak melalui media cetak, pengetahuan sekitar dan kemampuan bertutur, melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran. Anak dapat mengembangkan pengetahuannya dengan menggunakan bahasa lisan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa telah diterapkan pembelajaran literasi dalam menstimulasi keaksaraan awal anak usia dini di PAUD Nurul Qolbu.

Downloads

Published

2020-04-10

Issue

Section

Articles