Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita
Keywords:
kemampuan menyimak, metode bercerita.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita anak usia 5-6 tahun kelompok B di BKB PAUD Mawar 04 Cilincing Jakarta Utara. Penelitian ini merupaka Penelitian Tindakan Kelas, penelitian yang digunakan mengikuti model spiral Kemmis dan Mc Tanggat. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan. Hasil observasi pra tindakan mendapatkan presentase 48% menunjukan bahwa tidak adanya anak yang berkembang sangat baik yang mendapatkan presentase 76-100%. Setelah adanya tindakan siklus I kemampuan menyimak kriteria berkembang cukup meningkat dengan mendapakatka persentase 60,4% dan pada siklus kedua II berkembang sangat baik meningkat menjadi 77,1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun.