Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita

Authors

  • Titin Fatimah STKIP Kusuma Negara
  • Wahyuni Nadar STKIP Kusuma Negara
  • Chairunnisa C STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan menyimak, metode bercerita.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita anak usia 5-6 tahun kelompok B di BKB PAUD Mawar 04 Cilincing Jakarta Utara. Penelitian ini merupaka Penelitian Tindakan Kelas, penelitian yang digunakan mengikuti model spiral Kemmis dan Mc Tanggat. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan. Hasil observasi pra tindakan  mendapatkan  presentase 48% menunjukan bahwa tidak adanya anak yang berkembang sangat baik yang mendapatkan presentase 76-100%. Setelah adanya tindakan siklus I kemampuan menyimak kriteria berkembang cukup meningkat dengan mendapakatka persentase 60,4% dan pada siklus kedua II berkembang sangat baik meningkat menjadi 77,1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Published

2020-04-05

Issue

Section

Articles