Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Bermain Peran

Authors

  • Marisa Hafsari Intani STKIP Kusuma Negara
  • Andi Musda Mappapoleonro STKIP Kusuma Negara
  • Evayenny E STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan sosial, bermain peran, anak usia 4-5 tahun.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui kegiatan bermain peran pada siswa kelompok A BKB PAUD Ceria Delima Bambu Apus Jakarta Timur semester genap tahun pelajaran 2018/2019.Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Waktu penelitian adalah 3 bulan yaitu April 2019 sampai bulan Juni 2019 dengan subyek penelitian sebanyak 15 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan sosial yang signifikan pada siswa kelompok A. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pada setiap siklus meningkat, yaitu pada Pratindakan=59,2; siklus I=70; dan siklus II=79 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa meningkatkan keterampilan sosial melalui kegiatan bermain peran adalah kegiatan yang menyenangkan bagi siswa.Penelitian iniĀ  meyimpulkan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelompok A usia 4-5 tahun.

Downloads

Published

2020-04-05

Issue

Section

Articles