Peningkatan Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Metode Bercerita

Authors

  • Melda Novayanti STKIP Kusuma Negara
  • Zahrati Mansoer STKIP Kusuma Negara
  • Chairunnisa C STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan menyimak, metode bercerita, anak usia 4-5 tahun.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar meningkatkan keterampilan menyimak anak kelompok A di BKB PAUD Cempaka RW 07, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan melalui metode bercerita. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Model yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggart pada hakekatnya berupa perangkat-perangkat atau untaian-untaian dengan satu perangkat terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat komponen yang berupa untaian tersebut dipandang sebagai satu siklus. Oleh karena itu, pengertian siklus pada kesempatan ini adalah suatu putaran kegiatan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan rata-rata dari pratindakan dengan rata-rata nilai 65,64 pada siklus I menjadi 76,81 dengan rata-rata peningkatan 11,17%. pada siklus 2 adalah 91,82 dengan 11 anak (100%), dengan rata-rata peningkatan 15,01%. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan menyimak anak kelompok A, BKB PAUD Cempaka RW 07 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bercerita.

Downloads

Published

2020-04-04

Issue

Section

Articles