Meningkatkan Teknik Dasar Servis Tinggi Forehand Service melalui Metode Blocked Practice
Keywords:
blocked pratice, forehand service, tehnik dasar.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Penjasorkes siswa pada materi teknik dasar service melalui metode blocked practice pada siswa kelas V SD semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti metode blocked practice. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dimana masing masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: planning (perencanaan), acting (Pelaksanaan), Observing (Pengamatan) dan reflekting (refleksi). Waktu penelitian adalah 6 bulan yaitu dari bulan Januari 2019 sampai bulan Juli 2019 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas V SD, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar penjasorkes yang signifikan pada siswa kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes penjasorkes pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I=63.61, siklus II=73.89, dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar penjasorkes melalui metode blocked practice adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar penjasorkes dengan menggunakan metode blocked practice dapat meningkatkan hasil belajar penjasorkes siswa.