Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Team Assisted Individualization dan Teams Games Tournament
Keywords:
hasil belajar matematika, model pembelajaran, pemahaman konsepAbstract
Faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa yaitu mereka mengalami kesulitan memahami konsep matematika serta kesulitan menjelaskan keterkaitan konsep dan mengaplikasikan konsep dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model Team Assisted Individualization (TAI) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun datar segi empat. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental research. Sampel adalah sebanyak 58 orang, yaitu 28 orang siswa dalam kelompok pembelajaran TAI dan 30 orang siswa kelompok TGT. Teknik pengambilan sampel adalah secara cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelompok pembelajaran TAI sebesar 75,75 lebih dari rata-rata hasil belajar siswa kelompok TGT dengan rata-rata 68,20. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran TAI dan TGT di Kelas VII SMP Asy-Syifa Klapanunggal Bogor.