Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik menggunakan Model Pembelajaran SAVI dan SQ3R

Authors

  • Aliyah A STKIP Kusuma Negara
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Yanti Suryanti STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, SAVI, SQ3R.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) dan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada materi Segi Empat. Penelitian ini dilakukan pada sampel sebanyak 56 siswa, yaitu 28 siswa di kelas VIIA dengan model pembelajaran SAVI, dan 28 siswa kelas VIIB dengan model pembelajaran SQ3R. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa hasil belajar siswa melalui model SAVI memiliki rata-rata 84,14. Sedangkan hasil belajar siswa melalui model SQ3R memiliki rata-rata 74,68. Berdasarkan perhitungan hasil uji perbedaan rataan skor hasil belajar matematika siswa, diperoleh nilai thitung=3,31>2,006=ttabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa dapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran SAVI dan SQ3R pada materi Segi Empat.

Downloads

Published

2020-03-07

Issue

Section

Articles