Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Snowball Throwing
Keywords:
model snowball throwing, pembelajarn matematika, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model Snawball Throwing pada materi Segiempat. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari 70 pada siklus 1 menjadi 75,73 pada siklus 2 dan mengalami peningkatan sebesar 88,79 pada siklus 3. Ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari 44,11% pada siklus 1 menjadi 73,52% pada siklus 2 dan mengalami peningkatan pada siklus 3 menjadi 97,05% dan Nilai karakteristik siswa untuk aspek percaya diri pada siklus 1 sebesar 69,69%, pada siklus 2 aspek percaya diri meningkat menjadi 87,88% dan pada siklus 3 menjadi 91,91%. Selanjutnya untuk keaktivan siswa, pada siklus 1 mencapai 72,72%, pada siklus 2 mencapai 89,89% dan pada silus 3 mencapai 95,96%. Hal ini mengindikasikan adanya peingkatan keaktifan siswa pada setiap siklus. Aspek kedisiplinan siswa pada siklus 1 mencapai 76,76%, pada siklus 2 mencapai 85,86% dan pada siklus 3 mencapai 97%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snawball Throwing pada materi segiempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.