Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Himpunan antara Metode Realistic Mathematic Education dan Problem Based Learning

Authors

  • Uni Pradita STKIP Kusuma Negara
  • Yatha Yuni STKIP Kusuma Negara
  • Syafa’at Ariful Huda STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, problem based learning, realistic mathematic education.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan melalui metode pembelajaran realistic mathematics education (RME) dan problem based learning (PBL). Penelitian ini dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, 30 siswa di kelas VIIF dengan metode RME, dan 30 siswa di kelas VIIH dengan metode PBL. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelompok RME sebesar 84,10. Sedangkan nilai rata-rata kelompok PBL sebesar 75,367. Hasil uji persyaratan analisis data menyatakan kedua data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, thitung lebih dari ttabel (3,669>2,0021) sehingga disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa antara metode RME dan PBL pada siswa kelas VII.

Downloads

Published

2020-02-29

Issue

Section

Articles