Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas VII SMPN 2 Cikarang Selatan

Authors

  • Sri Wahyuningsih STKIP Kusuma Negara
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Misbahudin M STKIP Kusuma Negara

Keywords:

aritmatika sosial, hasil belajar matematika, pendekatan open-ended.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan open-ended. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas VII SMPN 02 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi yang aktif pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pendekatan open-ended hasil belajar matematika siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa dan juga dapat dilihat dari observasi terhadap siswa dan terhadap guru dari siklus I sampai Siklus III terdapat perubahan kearah positif terutama hasil tes siswa. Pencapaian ketuntasan berdasarkan hasil tes pada siklus I 12.325% (6 siswa), kemudian meningkat pada siklus II mencapai tingkat ketuntasan 34% (16 siswa) dan pada siklus III meningkat mencapai tingkat ketuntasan 73.34% (35 siswa). Hal ini menunjukan melalui pendekatan open-ended cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika siswa pada kelas VII SMPN 2 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.

Downloads

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles