Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division dan Team Assisted Individualization
Keywords:
student team achievement division, team asissted individualization.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dan team asissted individualization (TAI). Sampel penelitian ini adalah 30 orang siswa kelompok STAD dan 30 orang siswa kelompok TAI. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat. Data dianalisis dengan uji persyaratan. Hasil perhitungan uji normalitas data siswa kelompok pembelajaran STAD didapat Lhitung=0,1026<0,161=Ltabel sedangkan untuk data siswa kelompok pembelajaran TAI diperoleh Lhitung=0,159<0,161=Ltabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Kemudian hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,22<1,85=Ftabel, sehingga variansi data homogen. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, didapat thitung=2,50>2,00=ttabel dengan taraf signifikansi ? = 0,05 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran kooperatif STAD dan TAI.