Perbedaan Hasil Belajar Aritmetika Sosial Siswa antara Model Think Pair Share dan Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Siti Jenab STKIP Kusuma Negara
  • Yatha Yuni STKIP Kusuma Negara
  • Syafa’at Ariful Huda STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, pembelajaran berbasis masalah, think pair share.

Abstract

Hasil belajar matematika siswa materi aritmetika sosial di SMP YPB bogor masih dibawah KKM, diakibatkan karena metode yang digunakan masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian untuk membuktikan apakah ada perbedaan hasil belajar matematika sisiwa menggunakan model Think Pair Share (TPS) dan pembelajaran berbasis masalah (PBM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimental design. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. 30 siswa di kelas VII A menggunakan model TPS dan 30 siswa di kelas VII B menggunakan model PBM pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok TPS sebesar 78,57, sedangkan nilai rata-rata kelompok PBM sebesar 67,43. Hasil uji-t, thitung lebih dari ttabel (3,693>2,002). Dengan demikian disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika Model Pembelajaran TPS dengan Model PBM pada materi aritmetika sosial di kelas VII Semester 1 SMP YPB Bogor.

Downloads

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles