Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Model Think Pair Share dan Team Assisted Individualization

Authors

  • Santi Yulianti STKIP Kusuma Negara
  • Nursiah Sappaile STKIP Kusuma Negara
  • Neng Nurwatin STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, think pair share, team assisted individualization.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Think Pair Share (TPS) dan siswa yang diajar dengan model Team Assisted Individualization (TAI). Desain penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 40 Kota Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII4 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas VII5 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 30 orang. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eskperimen I sebesar 78,43 dan kelas eksperimen II sebesar 69,67. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung=2,24 dan ttabel=2,00 pada taraf signifikan 0,05. Karena thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang matematika siswa antara model TPS dan TAI.

Downloads

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles