Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bentuk Aljabar melalui Metode Matematika Realistik
Keywords:
hasil belajar matematika, model pembelajaran matematika realistik.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam materi bentuk aljabar melalui metode matematika realistik pada siswa kelasVII SMPN 109 Jakarta Timur semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap, yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata tes matematika pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=71,9; siklus II=76,1 dan siklus III=81,4 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar matematika melalui metode matematika realistik adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan metode matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar mtematika siswa.