Hubungan Konsep Diri Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Keywords:
konsep diri, kemampuan pemecahan masalah matematikaAbstract
Konsep diri siswa sangat penting dan diperlukan dalam pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan sampel sebanyak 30 siswa siswa kelas X SMA Negeri Kabupaten Tangerang yang diperoleh melalui teknik sampel random berkelompok (cluster random sampling). Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi positif yang sangat kuat atau sangat tinggi antara konsep diri siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kontribusi konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 90,25%.