Hubungan Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pola Bilangan
Keywords:
pola bilangan, lingkungan sekolah, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang lingkungan sekolah, mengetahui dan mendiskripsikan hasil belajar matematika di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Furqon Karawang. Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Furqon dengan metode korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data berbentuk tes angket tentang lingkungan sekolah dan tes soal untuk hasil belajar matematika tentang materi pola bilangan. Berdasarkan hasil korelasi product moment didapatkan rhitung=0,4228 sedangkan untuk rtabel=0,361 untuk taraf signifikan 5% dengan n=30, karena rhitung>rtabel (0,4228>0,361) maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang sangat kuat sebesarr 0,4228 antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil uji-t korelasi maka diperoleh hasil thitunglebih besar dari ttabel (2,468>1,701). Jadi terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar matematika pada materi pola bilangan kelas VIII di MTs Al-Furqon.