Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual dan Visual Auditori Kinestetik
Keywords:
hasil belajar matematika, SAVI, VAKAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data apakah ada perbedaan hasil belajar matematika Model Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Visual Auditori Kinestetik (VAK). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas 8 di SMP PGRI 3 Bekasi, faktanya masih banyak siswa yang kesulitan mengerjakan soal-soal bangun ruang sisi datar prisma dan limas, terbukti dari nilai postes yang masih kurang dari KKM. Metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen dengan pemilihan sampel secara random claster. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar dengan model SAVI memiliki rata-rata 79,9 simpangan baku 56,04 median 79,5 serta modus 75,5. Hasil belajar dengan model pembelajaran VAK memiliki rata-rata 77,7 simpangan baku 66,56 median 78,7 serta modus 80,1. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung=7,547 dengan ttabel=2,0021 maka diperoleh kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak, Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran SAVI dengan model pembelajaran VAK pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas di kelas VIII SMP PGRI 3 Kota Bekasi.