Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning di SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta

Authors

  • Istikharoh I STKIP Kusuma Negara
  • Nurimani N STKIP Kusuma Negara
  • Bodi Kurniawan STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, open-ended, contextual teaching learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan contextual teaching learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta pada semester 2. Sampel diambil secara simple random sampling, dan terpilih sebanyak 71 siswa dari populasi sebanyak 77 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 35 siswa kelas 10 Multimedia 3 di SMK Bina Nusa Mandiri. Dari uji validitas hasil belajar matematika siswa didapat 15 butir soal yang valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung=6,867 pada taraf signifikan ?=0,05. Karena nilai thitung>ttabel atau 6,867>0,232, maka H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran open-ended dan CTL di SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta.

Downloads

Published

2020-02-14

Issue

Section

Articles