Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aljabar antara Model Contextual Teaching and Learning dan Problem-Based Learning

Authors

  • Nur Afifah Fauziah STKIP Kusuma Negara
  • Nurina Kurniasari Rahmawati STKIP Kusuma Negara
  • Wahyu Yulianto STKIP Kusuma Negara

Keywords:

contextual teaching and learning, problem-based learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat  perbedaan hasil belajar matematika khususnya dalam materi Aljabar melalui model contextual teaching and learning (CTL) dan model problem-based learning (PBL). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA diberi model pembelajaran CTL  dan siswa kelas VIID diberi model pembelajaran PBL, pemilihan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling. Penelitian ini dengan desain quasi experimental. Berdasarkan perhitungan diperoleh data uji normalitas hasil belajar kelas CTL diperoleh Lhitung=0,1517; untuk kelas PBL diperoleh Lhitung=0,1588; dan Ltabel=0,1610 sehingga kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,03<1,858, sehingga variansi kedua data homogen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung=4,64>ttabel=1,6723; sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa melalui  model pembelajaran CTL dan  model PBL.

Downloads

Published

2020-02-14

Issue

Section

Articles