Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aljabar antara Model Contextual Teaching and Learning dan Problem-Based Learning
Keywords:
contextual teaching and learning, problem-based learning, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika khususnya dalam materi Aljabar melalui model contextual teaching and learning (CTL) dan model problem-based learning (PBL). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA diberi model pembelajaran CTL dan siswa kelas VIID diberi model pembelajaran PBL, pemilihan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling. Penelitian ini dengan desain quasi experimental. Berdasarkan perhitungan diperoleh data uji normalitas hasil belajar kelas CTL diperoleh Lhitung=0,1517; untuk kelas PBL diperoleh Lhitung=0,1588; dan Ltabel=0,1610 sehingga kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,03<1,858, sehingga variansi kedua data homogen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung=4,64>ttabel=1,6723; sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran CTL dan model PBL.