Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Problem-Based Learning dan Problem Solving

Authors

  • Indri Mahayati STKIP Kusuma Negara
  • Nurimani N STKIP Kusuma Negara
  • Ahmad J. H. Ripki STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar, problem based learning, problem solving

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang model problem-based learning (PBL) dengan model problem solving pada materi statistika. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah sampel 28 siswa kelas VII A menggunakan model PBL dan 30 siswa kelas VII B menggunakan model problem solving. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa rata–rata hasil belajar siswa menggunakan model PBL memiliki rata–rata 82,35. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model problem solving memiliki rata–rata 74,83. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung=2,3012>ttabel=2,002. Maka diperoleh bahwa H0 ditolak berarti penelitian H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model PBL dengan model problem Solving  pada materi statistika di kelas VII SMP Bina Dharma Jakarta.

Downloads

Published

2020-02-14

Issue

Section

Articles