Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang melalui Metode Inquiry

Authors

  • Mulyantik M STKIP Kusuma Negara
  • Nur Alim Noor STKIP Kusuma Negara
  • Bodi Kurniawan STKIP Kusuma Negara

Keywords:

bangun ruang sisi datar, inquiry, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar melalui metode pembelajaran inquiry di kelas VIII-2 SMP PGRI Leuwiliang Bogor. Subjek penelitian siswa kelas VIII-2 SMP PGRI Leuwiliang Bogor sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII yang tampak berdasarkan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar pada setiap siklus. Pada Siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 63,50 dengan ketuntasan belajar 46,6%. Pada Siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 71,33 dengan ketuntasan belajar 70,00%. Sedangkan pada Siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 77,50 dengan ketuntasan belajar 95,00%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar melalui metode pembelajaran inquiry.

Downloads

Published

2020-02-13

Issue

Section

Articles