Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar melalui Model Problem-Based Learning dan Problem Solving

Authors

  • Umayah U STKIP Kusuma Negara
  • Nurimani N STKIP Kusuma Negara
  • Rida Hatiarsih STKIP Kusuma Negara

Keywords:

bentuk aljabar, matematika, model pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada materi Bentuk Aljabar antara siswa kelompok problem based learning (PBL) dan problem solving. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Khaer Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok PBL lebih dari siswa kelompok problem solving. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelompok PBL dan kelompok problem solving di kelas VII MTs Miftahul Khaer Tangerang.

Downloads

Published

2020-02-13

Issue

Section

Articles