Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model NHT dan Jigsaw pada Materi Trigonometri
Keywords:
hasil belajar matematika, NHT, jigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika khususnya pada materi Trigonometri, antara siswa menggunakan Model pembelajaran numbered head together (NHT) dengan model jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YMIK Joglo Jakarta Barat dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa, yang diberi pembelajaran Model keduanya masing-masing tepatnya 35 siswa kelas X-OTKP1 dan 35 siswa kelas X-OTKP2. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster sampling. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung=2,0868>ttabel=1,9973. Maka diperoleh kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang melalui Model pembelajaran keduanya pada materi.