Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda melalui Metode Mind Mapping

Authors

  • Angre Wahyuni STKIP Kusuma Negara
  • Romdanih R STKIP Kusuma Negara
  • Ilmi Noor Rahmad STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar IPA, metode mind mapping

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam materi gerak benda melalui metode mind mapping pada siswa kelas III semester II tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian berlangsung selama 3 bulan mulai bulan April – Juni 2019, dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belar IPA pada siswa kelas III. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil tes pada setiap pertemuan dalam satu siklus meningkatkan yaitu pada siklus 1, 18 siswa dari 32 siswa (56,25%) dengan nilai rata-rata 60. Pada siklus 2, yaitu 22 siswa dari 32 siswa (68,75%) dengan nilai rata-rata 69,37. Pada siklus 3, yaitu 28 siswa dari 32 siswa (87,5%) dengan nilai rata-rata 82,25. Peningkatan yang diperoleh pada penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode mind mapping.

Downloads

Published

2020-02-07