Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Jual Beli menggunakan Model Contextual Teaching Learning
Keywords:
hasil belajar IPS, model contextual teaching learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi jual beli melalui model Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas III semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian adalah 6 bulan yaitu dari bulan Januari 2018 sampai bulan Juni 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa kelas III. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes kemampuanĀ pada setiap siklus meningkat yaitu pada awal prasiklus sama dengan 61,67% siklus 1 sama dengan 64,55% dan siklus 2 sama dengan 72,67% siklus 3=77,67% dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa hasil belajar IPS melalui model CTL adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar IPS dengan menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.