Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Problem-Based Learning dan Discovery Learning

Authors

  • Debi Paradita Haningtyas Pratiwi STKIP Kusuma Negara
  • Nurimani N STKIP Kusuma Negara
  • Rida Hatiarsih STKIP Kusuma Negara

Keywords:

discovery learning, hasil belajar matematika, problem-based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran problem based learning (PBL) dan discovery learning (DL) pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs. At-Taqwa Setu Bekasi tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII-1 dalam kelompok PBL dan 28 siswa kelas VIII-2 dengan DL. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan menggunakan 30 item tes pilihan berganda. Analisis deskriptif data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan PBL adalah 79,25. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan DL adalah 67,50. Berdasarkan hasil analisis untuk uji hipotesis, diperoleh nilai thitung=3,970. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel=2,006 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung>ttabel, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan PBL dan DL pada materi bangun ruang sisi datar.

Downloads

Published

2020-02-04

Issue

Section

Articles