Perbedaan Hasil Belajar Matematika dengan Model Snowball Throwing dan Course Review Horay

Authors

  • Yuliana Dwi Wijayanti STKIP Kusuma Negara
  • Abdul Hakim Ma’ruf STKIP Kusuma Negara
  • Dade Nurfalah STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar, snowball throwing, course review horay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan hasil belajar matematika khususnya dalam materi aritmatika sosial, antara siswa yang diajarkan menggunakan model snowball throwing dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model course review horay. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2019, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa, tepatnya 30 siswa kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran menggunakan model snowball throwing dan 30 siswa kelas ekperimen 2 yang diberi pembelajaran menggunakan model course review horay, pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode yang digunakan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan soal aritmatika sosial. Analisis data yang dilakukan dengan uji statistik perbedaan rerata dua sampel untuk melihat perbedaan hasil belajar dua kelompok sampel. Dari uji hipotesis diperoleh nilai thitung=8,75>ttabel=2,002. Berdasarkan hasil penelitian: terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model snowball throwing dengan hasil belajar mtematika siswa yang diajar dengan course reviwe horay pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 40 Kota Bekasi.

Downloads

Published

2020-02-04

Issue

Section

Articles