Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Model Team Assisted Individualization dan Make a Match

Authors

  • Intan Septiana STKIP Kusuma Negara
  • Mohamad Syafi’i STKIP Kusuma Negara
  • Misbahudin M STKIP Kusuma Negara

Keywords:

team assisted individualization, make a match, hasil belajar matematika

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran bisa dicapai melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Guru harus mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Team Assisted Individu (TAI) dengan model pembelajaran make a match pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 2 Setu Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dimana ada 2 kelompok yang dibandingkan dengan diberikan perlakuan yang berbeda tanpa mengubah komposisi kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan TAI memliki rata-rata 75,5 sedangkan make a match memiliki rata-rata 68,1. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nila thitung=3,0728>ttabel=2,0021. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak yang berarti H1 diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa atara yang diajar dengan model pembelajaran TAI dengan model pembelajaran make a match. Dapat disimpulkan pula bahwa model pembelajaran TAI lebih baik dari make a match.

Downloads

Published

2020-01-29

Issue

Section

Articles