Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Keywords:
bangun ruang, jigsaw, konsep, kooperatif, matematika.Abstract
Rendahnya pemahaman konsep dan partisipasi siswa menjadi kendala sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. Masih banyak nilai siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang disebabkan oleh kendala tersebut. Studi ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui pembelajaran kooperatif jigsaw di satu SMP Negeri daerah Tambun Selatan Bekasi. Hasil penelitian ini diperoleh data nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,5 siklus II sebesar 65,5 dan siklus III sebesar 74,5. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa.