Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup melalui Metode Picture and Picture
Keywords:
hasil belajar, picture and picture, penelitian tindakan kelasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup pelajaran IPA melalui model picture and picture. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan dari Juli sampai Agustus 2019. Hasil dari penelitian yang dilakukan, secara umum dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas melalui model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Larangan Selatan 01 Kota Tangerang. Dari hasil analisis data diketahui hasil belajar bahwa model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes siklus I = 45,9; siklus 2 = 62,2; siklus 3=75,7 dari hasil wawancara disimpulkan bahwa hasil belajar IPA melalui model picture and picture adalah sangat menyenangkan.