Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share

Authors

  • Desty Triana STKIP Kusuma Negara
  • Nursiah Sappaile STKIP Kusuma Negara
  • Wahyu Yulianto STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, think talk write, think pair share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika khususnya dalam materi segitiga, antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang populasinya adalah siswa SMP Asy-Syifa Klapanunggal Bogor, dengan sampel sebanyak 28 orang siswa kelas VIIA yang diberi pembelajaran menggunakan model TTW dan 30 orang siswa kelas VIIB yang diberi pembelajaran menggunakan model TPS, pemilihan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Dari uji validitas hasil belajar matematika siswa didapat 22 butir soal yang valid dan reliabel. Hasil perhitungan diperoleh nilai thitung=3,77>ttabel=2,003 pada taraf signifikan ?=0,05. Maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan TPS pada materi segitiga di Kelas VII SMP Asy-Syifa Klapanunggal Bogor.

Downloads

Published

2020-01-25

Issue

Section

Articles