Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa menggunakan Video Pembelajaran Next vista
Keywords:
keterampilan menulis, video next vista.Abstract
Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan menulis pada siswa setelah menggunakan video next vixta sebagai media pembelajaran. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 12 yang berjumlah 33 orang dari SMAN 1 Tambelang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan dari setiap siklus, siklus 1 menunjukan hanya 39 % siswa yang mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 67, siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 60 % siswa mendapatkan nilai diatas KKM dan pada siklus ke 3 sebanyak 85 % siswa memperolah nilai di atas KKM. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks prosedur siswa menggunakan video pembelajaran next vista.