Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar PPKn
Keywords:
hasil belajar, model pembelajaran talking stick, pembelajaran kooperatifAbstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas V di SDN Pulau Kelapa 01 Pagi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre-experimental design dengan model the one-shot case study. Sampel yang digunakan yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 5,35 dan ttabel = 1,672 pada taraf signifikan atau ? = 0,05. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar PPKn peserta didik yang diajar dengan menggunakan model talking stick lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar PPKn peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional atau ceramah. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh yang positif pada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas V di SDN Pulau Kelapa 01 Pagi.