Hubungan Keterampilan Proses dengan Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Bentuk-Bentuk Energi

Authors

  • Diyana Rizki STKIP Kusuma Negara
  • Evayenny E STKIP Kusuma Negara
  • Devita Cahyani Nugraheny STKIP Kusuma Negara

Keywords:

bentuk-bentuk energi, hasil belajar, keterampilan proses, pelajaran IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa pada materi bentuk-bentuk energi. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Baru 08 Pagi Jakarta Timur sebanyak 30 orang siswa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif, menggambarkan karakteristik data pada setiap variabel yang terdiri dari nilai terendah, tertinggi, mean, median, modus dan deviasi standar. Hasil penelitian adalah terdapat korelasi antara keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa pada materi bentuk-bentuk energi.

Downloads

Published

2020-01-21