Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Realistik dan Ekspositori
Keywords:
ekspositori, hasil belajar matematika, realistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui model realistik dan ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Khairiyah Bekasi pada semester 2. Sampel diambil secara undi kelas (cluster random) dari populasi sebanyak 70 siswa terpilih sebanyak 60 siswa sebagai sampel yang dibagi menjadi 2 kelas, 1 kelas menggunakan model realistik dan 1 kelas lagi model ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal terlebih dahulu di uji cobakan kepada 30 siswa kelas IX.2 di MTs. Al-Khairiyah juga. Dari uji validitas soal matematika yang dijadikan instrumen didapat 20 butir soal yang valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan uji-t karena memenuhi syarat normal dan homogen, diperoleh thitung = 2,243 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat keabsahan (dk) 58. Karena thitung > ttabel atau 2,243 > 2,002, hal ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model realistik dan model ekspositori di MTs. Al-Khairiyah Bekasi.