Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Penggunaan Cabri 3D
Keywords:
kemampuan matematis, pemahaman, software cabri 3DAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penggunaan software Cabri 3D pada siswa kelas VIII tahun akademik 2018/2019 di SMPN 1 Cibinong. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dalam penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII dengan sampel dua kelas. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan software Cabri 3D dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran biasa. Pengambilan sampel didasarkan kepada teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap rataan N-Gain antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan software Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa.